Posted by : Unknown Jumat, 15 Februari 2013


Ilustrasi booking travel online (foto: Telegraph)
PERKEMBANGAN teknologi yang semakin pesat memberikan kemudahan bagi calon wisatawan Indonesia. Namun, beberapa hal perlu diwaspadai ketika Anda memesan paket wisata lewat online. Alih-alih lebih praktis, bisa-bisa Anda gagal berlibur.

Berbeda dengan pemesanan program liburan langsung ke agen travel, pemesanan online tak dapat dilayani customer service. Anda hanya akan dihadapkan pada pilihan-pilihan di layar komputer. Keuntungannya, Anda tak perlu jauh-jauh ke kantor travel agent.

"Sekarang orang Indonesia juga sudah mulai banyak yang memesan paket liburan via online, karena semakin banyak orang yang berkemampuan teknologi tinggi," ujar Natal, Retail Sales Manager Panorama Tours.

Menurutnya, banyak perbedaan antara memesan secara online dengan langsung mendatangi kantor travel agent. Misalnya saja ketika datang ke kantor, calon wisatawan akan dilayani customer service sehingga informasi mengenai paket yang akan dibeli akan semakin banyak. Selain itu, jika ada kesalahan pada pemesanan paket maka calon wisatawan dapat kembali ke kantor tersebut untuk meminta bantuan.

Jika dalam pemesanan paket liburan secara online, maka pembeli harus benar-benar mengerti paket wisata yang akan ia pesan. seluruh tanggung jawab berada di tangan calon wisatawan.

"Kadang banyak juga yang salah beli, akhirnya ya hangus karena mereka bingung harus ngurusnya gimana," tuturnya.

Natal pun memberikan tips kepada calon wisatawan yang ingin membeli paket berlibur via online agar tak salah dalam memilih paket.

Calon wisatawan harus teliti baca syarat dan ketentuan yang berlaku. Pemilihan tanggal, paket wisata, hotel, dan harga pun harus sangat hati-hati. Setiap calon wisatawan pun harus banyak membaca dan membanding-bandingkan paket yang ditawarkan.

"Terkadang harga paket yang ditawarkan memang murah, tapi harus diperhatikan juga hotel, restoran, transport yang digunakan, hingga tour leader yang mendampingi. Jangan sampai nanti merasa dirugikan," tutupnya.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Pages - Menu

Translate

Blog Archive

Blogger templates





Pengunjung

Flag Counter
Aji Sampurna. Diberdayakan oleh Blogger.

Copyright © "Sekedar Posting" -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan